Belajar Buat Vector di Photoshop

Belajar Buat Vector di Photoshop

Allhail para blogwalker dengan segala keramah-tamahan yang dijunjung tinggi. kembali lagi di blog absurd dengan gue Amiee yang akan membuang waktu kalian dengan tulisan yang masih berantakan ini. senyum, salam, serta sapa tak lupa selalu gue berikan kepada kalian para penjelajah antarblog semoga kalian terhibur serta nyaman di blog absurd gue ini. ya, ya, ya, gue sekarang jarang update kenapa? karena gue baru aja selesai ujian, ditambah lagi sekarang gue adalah penulis tunggal di blog karena admin blog yang lain memutuskan untuk berkarir sendiri di blognya. jadi sekarang ya gue nulis sendiri deh, hehe.

di karenakan banyaknya para netizen yang memiliki rasa haus tentang pengetahuan. jadi gue sengaja buat postingan ini biar pengunjung juga ngerasain yang namanya 'bisa' photoshop. gue cuma mau bilang, ini cuma materi ya. jadi jangan nanya-nanya seputar dapetin programnya. kita mulai dari yang simpel dulu, misalnya buat vector dibagian mata. dan teknik ini adalah teknik yang telah gue kembangkan selama bertahun tahun, menurut gue ini adalah teknik membuat mata paling mudah. penasaran langsung aja deh gue kasih gambarnya.


langkah pertama, pastikan kalian punya sotoshopnya. gak usah tanya gue pake sotoshop apa karena yang pastinya punya gue bajakan dan bisa dipraktekan di semua versi. setelah itu buka sotoshopnya.


 ini opsional sih, gak harus pake lembar baru juga bisa, tapi biasanya sih gue pake biar kualitasnya gak pecah ketika udah jadi nanti. jadi bebas kalian mau pake atau nggak juga.


open fotonya, bebas mau foto apa juga yang penting ada bagian matanya karena kita belajar cara buat vektor mata dulu, yang penting biar kalian paham caranya dulu aja, dan pastikan juga punya kualitas bagus biar mata kalian juga gak sakit pas mau prakteknya.


 ini opsional ya, kalo kalian pake lembar baru kaya gue tadi ini harus di pake. tapi kalo kalian mau langsung eksekusi di fotonya juga bisa kok.


duplikat layer tadi, dengan CTRL+J terus layer copynya itu di posterize biar nanti ketika mau pisahin gradasi warnanya jadi gampang.


pilih pen tool, dan pastikan pengaturan pen toolnya sudah persis kaya yang gue kasih itu. pokoknya diganti jadi shapetool gitu biar gak ribet.


setelah itu minimize programnya, iya udah tau gue wibu. gak usah dibahas gambar kartunnya. 



 
buka folder musik, dan pilih lagu terbaik kalian. ini penting karena dengan lagu bisa merangsang konsenterasi kalian.


setelah lagu terputar dan dirasa sudah enak di telinga, silahkan buka kembali program sotoshopnya. 


ganti warnanya dulu dengan kode warna yang tercantum itu.


klik layer background dulu, tujuannya adalah agar shape layer yang kita buat menggunakan pen tool berada dibawah layer atas. intinya sih biar gak ketutupan warna gambarnya.


nah, berhubung gue cuma pake 1 layer buat master line, jadi harus klik itunya (gue gak tau istilahnya apa) biar gak misah layer. tujuannya tentu biar gak ribet nyari layer kalo ada yang salah.


kalo udah jadi kurang lebihnya kaya gitu. gak keliatan hasilnya? coba hiden layer paling atas, nanti keliatan hasilnya kok.


seperti yang gue bilang tadi, karena gue ini cuma pake 1 layer buat masterline jadi harus klik itu setiap buat garis baru menggunakan pen tool. dan for your info nih, ini cuma bisa digunakan untuk 1 warna aja,


kalo udah, coba kalian hidden deh layer paling atasnya. jadi kan? kalo gak jadi coba perhatikan step sebelumnya, mungkin ada yang kelewat.


oke kita balik lagi ke gambar, unhide lagi layer atasnya. kali ini kita buat bagian bola matanya ya, gunakan shape tool lingkaran, biar lebih mudah.


lalu buat lingkaran di bola mata dan atur sampai dirasa benar-benar cocok dengan ukuran bola matanya. oh iya, posisi layer bola mata ini berada di bawah masterline ya. jadi kalo layernya ada diatas ya drag aja ke bawah.

setelah itu buat grup (ctrl+g) di layer bola mata tadi, tujuannya adalah untuk memisahkan layer bola mata dengan layer lainnya nanti. 


lalu duplikat layer bola mata dengan menggunakan tombol ctrl+J. setelah terduplikat, ubah ukuran layer menjadi ukuran yang lebih kecil dari bola mata sebelumnya. setelah itu ubah warnanya menjadi warna yang lebih cerah. ini bertujuan untuk membuat iris mata.


duplikat lagi layer bola mata paling bawah, lalu tarik ke atas layer iris mata.


setelah itu ubah ukurannya untuk membuat pupil mata dan cocokan posisinya dengan foto yang sedang di edit.


nah bagian ini mulai rumit, jadi gue kasih stepnya di gambar. pertama klik layer ke 2 alias layer iris mata, setelah itu klik bagian yang ada di gambar di atas. lalu klik brush tool dan setting seperti gambar di atas.


ubah ukuran brush menjadi 125. lalu coret bagian yang gue kasih tau di gambar.


setelaah itu unhide layer paling atas, klik layer pupil mata, gunakan pen tool lalu buat efek cahaya bayangan matanya. btw ganti dulu warnanya jadi putih ya.



karena efek cahayanya dua gitu jadi harus klik setting pentool yang gue tunjuk karena masih dalam 1 layer dan 1 warna. lalu atur opacitynya menjadi 100 dan fillnya menjadi 32


buat layer bayangan baru. kenapa? karena layer efek bayangan mata yang ini agak redup, jadi harus pisah layer. ganti juga ya warnanya jadi putih.


setelah itu hide layer utama, dan atur opacity menjadi 37 dan fill menjadi 10.


dan taraa~ kalian sudah bisa membuat vector. sisanya tinggal kembangkan dari teknik yang sudah gue berikan ke kalian.



kira-kira kaya gitu. 



Ya, itu lah tutorial belajar membuat vector di photoshop versi gue. kok gak ada warnanya bang? belajarnya di cicil atuh, biar gak pusing. kuasain dulu aja cara masterline. kalo udah bisa kan enak tinggal ngasih warna, youtube menyediakan kok cara yang lebih pro nya. gue bukannya sombong atau bermaksud untuk menggurui, tapi gue nulis ini semata-mata real karena ingin berbagi sedikit pengetahuan di bidang ini. gue juga masih pemula, jadi kalo tutorial gue ini gembel atau jelek ya mohon dimaklumi gan. kita belajar bareng-bareng aja, karena semua master pernah jadi newbie. jadi terus berkarya, karena gue yakin yang namanya bakat itu gak akan pernah ada kalo gak latihan rutin. mungkin cuma itu aja yang bisa gue sampaikan, kurang lebihnya gue mohon maaf. jika ada yang ingin memberikan saran, pesan, kritik, atau bahkan curhat, sok atuh mangga coret di kolom komentar atau kalo malu silahkan kontak saya melalui media sosial. karena gue ada karena kalian ada. seperti yang selalu gue katakan, selalu ambil semua yang positif dari blog ini dan buang semua yang negatif yang pernah gue tulis di blog ini, gue Amiee selaku penulis tunggal di blog ini dan para admin blog ini, sampai jumpa di postingan absurd lainnya.~
Belajar Buat Vector di Photoshop Belajar Buat Vector di Photoshop Reviewed by a on 13:34:00 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.