5 Tips Saat Memainkan RPG

5 Tips Saat Memainkan RPG




Halo semua nama gue Amiee dan terima kasih karena telah menyempatkan waktu untuk singgah di blog absurd yang selalu menyajikan tips&triks, cerita absurd, serta menambah wawasan. dan kali ini gue membahas tentang game nih. genre game yang bener-bener gue minati. iya, RPG. gamers mana sih yang gak tau genre game ini? game yang bener-bener mengandalkan otak saat menyelesaikan teka-teki saat menjalankan misi ini emang bener-bener bikin penasaran. terutama story line nya yang emang bener-bener panjang, lama, dan yang paling terpenting 'gak bisa di skip'. gak sedikit juga yang males memainkan genre ini karena story nya yang gak bisa di skip. dan buat kalian yang belum tau apa yang namanya RPG bisa mampir juga kok.

oke, biar gue jelasin. RPG (Role-Playing game) atau bahasa indonesianya adalah 'Permainan Peran' adalah sebuah permainan yang para playernya memainkan tokoh-tokoh fantasi (khayalan) dan berkolaborasi/party untuk merajut cerita bersama. para pemain ini memilih aksi tokoh berdasarkan karakteristik tokoh itu sendiri, dan keberhasilan genre game ini tergantung pada sistem peraturan permainan yang telah di tentukan. asal pemain mengikuti jalan cerita, para pemain bisa berimprovisasi untuk menentukan akhir ceritanya. paham? belum paham juga? oke jelasnya gini, RPG ini game yang punya cerita dan alur yang udah ada sebelum ente main gamenya. nah ente disuruh mainin sesuai jalan cerita yang udah dibuat sejak awal permainan. mungkin genre ini lebih mirip Novel-game karena emang bener-bener kaya cerita di novel fantasi yang di buat permainan. bahkan gak jarang juga game RPG yang mengangkat emosi pemainnya agar masuk kedalam cerita. seperti tentang persahabatan, keluarga, serta perang. paham? kalo gak paham mungkin lebih jelasnya bisa dilihat di wikped.

Dan seperti yang gue jelasin di atas tadi, game ini mengajak para pemainnya untuk berimprovisasi untuk menentukan akhir ceritanya. pada dasarnya, ending dalam game itu dibagi menjadi dua. yaitu Bad Ending dan Good Ending. tapi menurut gue, ending itu ada tiga yaitu Bad Ending, Good Ending, dan Best Ending. sesuai namanya, Bad Ending adalah akhir game yang buruk karena tidak sesuai cerita akhir yang ditentukan, Good Ending adalah akhir game yang baik karena mengikuti alur cerita, dan Best Ending adalah akhir game yang terbaik karena mengikuti alur cerita serta peraturan yang telah ditentukan. dan Best Ending ini juga akhir yang didapat ketika kalian udah mendapatkan semua item serta equip rahasia yang tersembunyi. nah berikut adalah tips agar untuk mendapatkan Best Ending dalam semua game RPG.


1. Selalu Periksa Tempat Yang Tidak Terduga


Untuk memainkan game genre RPG ini memang susah-susah gampang, karena disamping story line nya yang lama, juga banyak teka-teki yang harus diselesaikan seorang player.  dan biasanya tempat yang memiliki item atau equip langka itu berada di tempat-tempat yang jarang banget terpikirkan dibenak seorang player. bahkan gak jarang item dan equip langka ini muncul di awal permainan. banyak sekali player yang melewatkan item atau equip langka ini karena mereka pikir equip dan item langka hanya bisa didapat jika melawan Boss terkuat. padahal banyak sekali secret item yang di sembunyikan pada tempat yang tidak terduga. seperti lemari, treasure chest, atau bahkan pot bunga. biasanya tempat yang selalu gue curigai memiliki item spesial itu berada di dungeon cave (dalam gua), tempat awal hero muncul, dan di rumah NPC. selalu periksa tempat-tempat mencurigakan, siapa tau aja kan bisa dapet item atau equip yang bener-bener masuk list item yang susah kalian dapatkan.


2. Jangan Malas Untuk Leveling

5 Tips Saat Memainkan RPG

dalam game apapun, leveling itu diperlukan karena disamping untuk menambah attribut (DEF, ATT, STR, dll) karakter, juga dapat mempelajari kekuatan baru. leveling juga diperlukan karena karakter utama yang dimainkan biasanya cenderung lemah, oleh karena itu leveling bener-bener dibutuhkan untuk menguatkan karakter utama. oh iya, untuk melawan Final Boss juga harus memiliki level tinggi. gak jarang juga seorang player game yang males untuk leveling dan akhirnya kewalahan saat menghadapi Boss terakhir. bahkan dulu ketika gue baru kenal dengan RPG ini, gue juga males banget yang namanya leveling. kenapa? menurut gue leveling itu ngebosenin karena harus lawan momon (monster) yang lembek secara berulang-ulang. dan akhirnya gue pun kewalahan ketika menghadapi Boss terakhir. itulah mengapa leveling itu adalah kegiatan penting saat memainkan RPG.


3. Perhatikan Teks Pembicaraan

5 Tips Saat Memainkan RPG

Teks pembicaraan dan ceritanya yang gak bisa di skip udah menjadi ciri khas RPG. "Jawabanmu menentukan ceritamu" mungkin ini yang di terapkan pada konsep RPG. kebanyakan orang sering mendapatkan Bad Ending saat memainkan game dengan genre ini karena asal-asalan saat disuruh memilih jawaban. sebenernya pilihan jawaban itu pasti berkaitan dengan obrolan sebelumnya, nah maka dari itu jangan pernah males buat baca teks pembicaraan. terutama yang ada tanda petiknya (") karena tanda petik biasanya menandakan bahwa itu hal yang penting. selalu baca kolom teks pembicaraan agar bisa mengetahui isi dari ceritanya. minimal kalian baca sebaris atau dua baris lah biar gak bego-bego amat saat ada pilihan jawaban.


4. Perbaiki Formasi Party

5 Tips Saat Memainkan RPG

Tentu udah gak asing lagi sama yang namanya istilah "Party" dalam genre game ini. dan kita juga harus pandai-pandai mengatur formasi party agar bisa mengalahkan momon sekuat apapun. formasi party yang gak seimbang bisa menaikan resiko kekalahan saat battle. oleh karena itu selalu perhatikan posisi party, dan gue sendiri punya formasi yang bener-bener ampuh menurut gue. gue selalu menempatkan Tanker pada posisi depan karena posisi depan ini adalah posisi yang paling banyak terkena serangan musuh terutama yang Meele (jarak dekat) dan ciri Tanker adalah mereka memiliki attribut DEF yang kuat. dan di posisi belakang kiri dan kanan gue selalu menempatkan Range (jarak jauh) seperti archer, mage, dll. nah di posisi tengah bagian belakang gue isi karakter utama, karena jika karakter utama mati game pun usai. selalu sisipkan mage dalam party, karena selain untuk melawan musuh dengan spell resistant yang rendah, mage juga cocok untuk mengheal anggota party yang sekarat. 


5. Selalu Gunakan Perlengkapan Terbaik

5 Tips Saat Memainkan RPG

Equip dan Item emang sangat menunjang player untuk memenangkan game. gunakan equip dan item terbaik sesuai level dan kemampuan dompet kalian, kalo gak ada gold yang cukup ya gak usah dipaksain toh ndo. selalu sediakan medicine dan antitoxin saat pergi ke dungeon, karena 2 item ini sangat berguna ketika bertemu musuh yang menggunakan poison. musuh racun ini emang bener-bener bikin gondok, karena kita gak ngelawan aja HP otomatis nurun karena kena poison itu. oleh karena itu, Medicine dan Antitoxin itu bener-bener diperlukan dan harus dibawa kemana-mana. ya itung-itung buat jaga-jaga kan sedia payung sebelum hujan.

Itulah 5 Tips Saat Memainkan RPG versi Amieechannel, jadilah player yang pintar, yang mampu mengatur waktu untuk bermain game. dan gue juga mengucapkan terima kasih untuk pengunjung yang udah sempatkan waktunya untuk membaca di blog absurd ini. gue juga akan selalu bilang kalo blog gue ini masih butuh kritik, saran, serta masukan dari kalian demi terus menaikan kualias blog ini karena gue buat blog untuk mengisi waktu luang jadi gak heran kalo gue jarang posting ya dimaklumi aja karena gue gak selamanya terus-terusan berada didunia virtual. gue juga masih butuh dukungan, jadi tolong dukung gue dengan cara komentar/share/visit blog sederhana ini. ingat, selalu ambil nilai positif dari blog ini dan buang segala hal yang negatif, sekian dari gue Amiee dan RizkyFI .. sampai jumpa dipostingan menarik lainnya.
5 Tips Saat Memainkan RPG 5 Tips Saat Memainkan RPG Reviewed by a on 04:29:00 Rating: 5

11 comments:

  1. Kalau ane biasanya teks pembicaraannya sembarang pilih aja :v

    ReplyDelete
  2. Widih keren nih artikel. Izin peraktekin Ahk.

    ReplyDelete
  3. mksih gan, artikelnya sngat bermanfaat buat aku yg suka game

    ReplyDelete
  4. genre game yang paling mengesankan bagi saya ini nihh

    ReplyDelete
  5. yang nomer 1 Selalu Periksa Tempat Yang Tidak Terduga, saya setuju saya pernah dapet senjata langkah ketemunya cuma di belakang rumah -_-

    ReplyDelete
  6. bagus tips nya :) .
    kunjungan balik di www.unianz.ga

    ReplyDelete
  7. Keren Nih Artikel..
    Izin Praktekin :D

    ReplyDelete
  8. izin coba gan, kayaknya seru, itu gamenya namanya apa ?

    ReplyDelete
  9. terima kasih banyak gan tips nya

    ReplyDelete
  10. lumayan nih buat nambah nambah pengetahuan tentang bermain game. hehehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.