Apa Itu Ransomware?


Apa Itu Ransomware?

Halo semua nama gue Amiee, dan terima kasih telah memberikan waktu kalian untuk singgah di blog absurd ini. Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna internet yang lumayan banyak, tapi gak sedikit juga yang gaptek soal dunia internet ini. bahaya yang mengintai orang gaptek ini pun gak main-main. mulai dari pembajakan, peretasan akun, pencurian data, serta bahaya virus serta malware yang mengintai komputer/PC yang sedang dipakai.  nah oleh karena itu, gue sengaja menulis tentang salah satu malware yang sangat berbahaya, yaitu "Ransomware".

Mungkin di antara ada yang asing dengan sebutan "Ransomware" ini. ya karena emang ini bukan salah satu jenis makanan, minuman, bukan juga ustadz, gak punya sayap tapi mirip malaikat. Ransomware ini adalah salah satu jenis malware. buat yang gak tau apa itu malware, biar sedikit gue jelasin. Malware adalah file/program yang dicurigai/bahkan emang berbahaya (malicious software) bagi pengguna komputer, ya jadi intinya sih Malware ini adalah pihak jahat yang emang harus disingkirkan. dan biasanya Malware di ciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.

Nah sekarang penjelasan berikutnya adalah Ransomware. Ransomware adalah nama atau istilah untuk semua jenis Malware yang meminta tebusan kepada user yang terinfeksi Malware ini. dan tebusannya ini gak main-main, bisa sampe mencekik dompet kalian. nah oleh karena itu, usahakan jangan sampe terkena malware ini. dan Ransomware ini menyebar dengan metode pancingan melalui email yang membawa weblink pada attachment, isi email dibuat seakan-akan dikirim dari sebuah bank dimana user memiliki rekening atau perusahaan jasa pengiriman atau bahkan ada kasus yang mendapatkan Ransomware ini akibat dari download sembarangan.

Target si pelaku menyebarkan Ransomware ini tentu untuk mendapatkan uang digital dalam bentuk Bitcoin. dan si pelaku ini biasanya menyebarkannya di situs download, situs E-commerce, Email attachment, dll. modusnya sih simpel, pelaku akan mengenkripsi semua file serta dokumen penting kalian dan untuk membukanya kalian harus membayar/menebus sejumlah nominal Bitcoin kepada pelaku. emang gak adil, karena ini bukan 100% murni kesalahan korban, tapi begitu lah cara kerja software ini dibuat.

Secara garis besar, Ransomware memiliki dua tipe. yaitu Locker Ransomware (Non Enkripsi), dan Crypto Ransomware (Terenskripsi). Locker ransomware dirancang untuk membatasi akses ke file dokumen yang kalian miliki, biasanya dengan mengunci layar komputer dan lalu meminta pengguna untuk membayar biaya untuk mengembalikan akses. sedangkan Crypto Ransomware adalah jenis Ransomware yang dirancang sedemikian rupa untuk melacak, mencari serta mengenkripsi semua data-data penting yang tersimpan di komputer. file gak akan bisa dibuka kecuali pengguna memperoleh kunci dekripsi. jenis ini lah yang sering dipakai oleh penjahat internet.

Haruskah kita membayar? gak juga sih, karena menurut gue itu jangan pernah percaya sama penjahat. kita bayar pun belum tentu dia mau mengembalikan file yang terinfeksi kan? nah oleh karena itu, menurut gue jangan pernah membayar sepeserpun kepada penjahat-penjahat ini karena gak ada jaminan juga dia mau kembaliin file kita. terus gimana cara kita kembaliin filenya? tenang, google menyediakaan semua nya kok. PC temen gue pun pernah kena Ransomware, dan dia termasuk orang yang gaptek banget, gue suruh cari tutorialnya di google, dan dia pun bisa mengembalikan file nya tanpa bantuan orang lain. itu berarti tutornya gak sesulit yang dikira kok.

Cara mengatasi komputer yang telah terinfeksi Ransomware secara utuh emang belum memungkinkan, tapi setidaknya kita bisa menyelamatkan file yang bisa diselamatkan. untuk menyelamatkan file yang telah terinfeksi adalah dengan cara mendekripsi file tersebut. banyak software Tool Decryptor untuk mendekripsi file yang terenkripsi. seperti HydraCrypt, UmbreCrypt, Kaspersky Ransomware Decryptor, Recuva, dll. untuk tutorial cara dekripsi bisa dilihat di google/youtube.

Dan itu lah penjelasan tentang Ransomware, bahaya Malware yang mengintai komputer kita. tips menghindari Ransomware, jangan sekali-kali membuka email yang mencurigakan yang mengatas namakan bank, selalu perhatikan kemana kalian menjelajah web, jangan download di web yang belum kita kenal karena itu bisa beresiko, dan selalu berhati-hati saat membuka tautan aneh. be a smart user, inilah pentingnya pengetahuan teknologi agar kita gak gampang dibodoh-bodohin orang pinter. gaptek boleh, asal jangan berlebihan. selalu berhati-hati saat menggunakan teknologi, dan terima kasih telah singgah di blog absurd ini. dan gue juga akan selalu bilang kalo blog gue ini masih butuh kritik, saran, serta masukan dari kalian demi terus menaikan kualias blog ini karena gue buat blog untuk mengisi waktu luang jadi gak heran kalo gue jarang posting ya dimaklumi aja karena gue gak selamanya terus-terusan berada didunia virtual. gue juga masih butuh dukungan, jadi tolong dukung gue dengan cara komentar/share/visit blog sederhana ini. ingat, selalu ambil nilai positif dari blog ini dan buang segala hal yang negatif, sekian dari gue Amiee dan RizkyFI .. sampai jumpa dipostingan menarik lainnya.
Apa Itu Ransomware? Apa Itu Ransomware? Reviewed by a on 06:52:00 Rating: 5

12 comments:

  1. Wah baru tahu saya, terima kasih infonya sangat bemanfaat...

    ReplyDelete
  2. ini virue emang berbahaya sampe perusahaan gede pun juga kena dan sulit di hilangkannya dan banyak di bahas digruop gruop seputar it

    ReplyDelete
  3. Thanks infonya gan, ngeri jg malwarenya

    ReplyDelete
  4. nambah ilmu lagi, thanks gan infonya

    ReplyDelete
  5. ini virus kalo d biarkan emmg bahaya gan,.
    Nice info,.
    Lagi banyak d bahas d grup hacker

    ReplyDelete
  6. Mallware ................... I Hate '_'

    ReplyDelete
  7. hmm..bahaya nih virus ransomware

    ReplyDelete
  8. Ransomware merajalela. thanks infonya sanagat membantu

    ReplyDelete
  9. wah informasi yang bermanfaat gan, makasih infonya.

    ReplyDelete
  10. Istilah Lain Dari Malware Yah :D Sipp Ilmu Baru

    ReplyDelete

Powered by Blogger.