5 Hantu Asal Indonesia



yow, kembali lagi dengan gue di blog sederhana yang membahas hal yang absurd. senyum salam dan sapa tak lupa gue tuturkan kepada penjelajah blog yang kebetulan singgah di blog ini. semoga bisa menginspirasi kalian dengan tulisan gak jelas gue ini. nah, untuk pertemuan kali ini gue akan membahas soal.. hantu. dan menurut gue, Indonesia adalah salah satu negara yang kental sekali dengan hal yang mistis dan magis. adat dan budaya yang beragam adalah faktor kepercayaan orang Indonesia terhadap segala sesuatu yang sifatnya 'mistis' dan 'magis'. 

kita ambil sampel gini, semisal kalian lewat tempat yang sepi, gelap, dan lembab. kalian akan merasa seperti diawasi dan diperhatikan oleh 'sesuatu' yang tak kasat mata, dan ketika balik dari tempat itu, kalian akan bercerita kepada teman atau kerabat tentang angkernya tempat tersebut. dan begitu seterusnya cerita akan berkembang, padahal belum tentu adanya. ini lah yang mengawali ketakutan seseorang terhadap hantu, selalu hantu yang dikambing hitamkan padahal si hantu ini belum tentu salah. dan bicara soal hantu, banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa hantu itu adalah bagian dari imajinasi manusia, karena mereka percaya pada teori yang mengatakan bahwa hantu itu adalah objek yang dapat terlihat ketika otak manusia terkena frekuensi yang sangat rendah atau Very Low Frequency (VLF) yang menyebabkan otak 'salah' mengira sesuatu yang tidak ada menjadi ada, seperti mencium wangi bunga padahal gak ada bunga di sana. pada masa ini lah otak akan mengalami 'halusinasi' melihat hantu yang disebabkan oleh VLF. terus gimana hantu yang tertangkap kamera?? semuanya tergantung kalian mau percaya atau nggak.

hantu di Indonesia ini pun beragam wujudnya, dan di setiap daerah pun berbeda penyebutannya. dan kali ini gue gak bahas hantu-hantu yang standar seperti mak kanti, tuhyul, ato bencong. penasaran? oke lah, berikut adalah 5 Hantu Asal Indonesia. 




1. Kisut

5 Hantu Asal Indonesia

Kisut adalah hantu endemik asal Pacitan, Jawa Timur. wujudnya pun suka-suka si Kisut, ada yang bilang dia ini bentuknya bayangan, bisa berdiri layaknya manusia, bahkan menyamar sebagai teman kalian. dan biasanya hantu ini hanya mengikuti orang pendatang. dan bentuk interaksi si Kisut ini pun tergantung niat si pendatang. kalo niatnya baik ya hantu ini akan bantu apapun bentuknya yang kita butuhin misalnya ketika tersesat, si Kisut ini akan bantu untuk nunjukin arah jalan. sebaliknya, jika niatnya jahat maka jangan heran jika si Kisut akan bertindak yang sama. si Kisut ini pun gak seperti bayangan biasa, dia ini mengikuti medium yang di laluinya. dan respon masyarakat sekitar pun ya biasa-biasa aja kaya gak ada yang harus diherankan. mereka udah biasa kalo liat orang ditemenin si Kisut, mereka tau bahwa orang itu adalah pendatang. ya, sok mangga atuh yang di Pacitan, silahkan dicek temen sebelahnya.. coba tonjok, kalo kalian ikut ditonjok juga berarti itu fix temen kalian.




2. Kanthong Kiwil

5 Hantu Asal Indonesia

Jin yang mirip dengan manusia ini tergolong hantu yang jahat. hantu ini berwujud pria paruh baya, memakai pakaian adat jawa serba hitam, bawa buntalan/bungkusan dari kain. si bapak ini muncul pada malam hari di tempat sepi. targetnya pun biasanya tukang ojek atau tukang becak yang mangkal di lokasi. beliau gak pernah mau ngomong ketika ditanya, hanya menjawab menggunakan bahasa isyarat aja. dan seperti yang gue bilang tadi, hantu ini tergolong hantu yang jahat. karena si bapak ini mengancam keselamatan orang jika orang itu mengatakan atau bergumam yang buruk tentangnya. ada yang mengatakan jika ada orang yang berhasil merampas kantong si bapak ini, maka orang itu bisa jadi kaya binggow. cocok buat anak kost yang kekurangan uang di akhir bulan nih..




3. Beuno

5 Hantu Asal Indonesia

Beuno adalah sejenis makhluk ghaib jahat yang dipercayai oleh masyarakat tradisional di provinsi Aceh. hantu ini sering sekali mengganggu orang yang sedang tidur dengan cara menindih korbannya hingga orang yang tidur itu menjadi sesak napas. kalo di jawa bilang mah 'tindihan', dengkuran keras diyakini menjadi salah satu tanda si Beuno sedang mencekik korbannya. tapi tenang aja kok, dari kasus yang pernah gue baca, belum ada orang yang mati karena tidur. tapi kalo salah satu dari kalian ada yang mati yaa berarti masuk buku sejarah baru. makanya kalo mau tidur baca doa boi biar gak di ganggu sama makhluk sejenis Beuno ini.




4. Jelangkung


Siapa sih yang gak kenal boneka lucu ini? sebenarnya, jelangkung adalah permainan tradisional yang dimainkan untuk memanggil arwah untuk masuk ke dalam media tertentu. jadi gak harus pake boneka batok kelapa loh yaa. permainan ini sangat populer dulu di kalangan para anak SMA yang iseng, lebih tepatnya kurang kerjaan. cara mainnya gampang kok, yang dibutuhkan adalah media (biasanya boneka batok kelapa yang diberi pakaian), setelah boneka ada selanjutnya adalah mengucapkan mantera sebanyak 7 kali, jika berhasil maka si jelangkung akan datang. "terus kalo udah dateng mau diapain?" terserah ente.. konon katanya si jelangkung ini tau banyak tentang masa lalu dan masa depan. nah? ada yang mau nanya jodohnya mungkin?




5. Jenglot

5 Hantu Asal Indonesia

Jenglot memiliki ukuran yang kecil pas ukuran kantong. terlihat layaknya benda mati, tapi sebenernya hidup. bisa terlihat dari rambutnya yang tumbuh semakin panjang tiap tahunnya. Jenglot dipercaya bisa menjadi malapetaka bagi masyarakat. konon katanya, si Jenglot ini dahulunya adalah orang yang hidup dan mengabdikan dirinya kepada ilmu hitam untuk menguasai ilmu keabadian. karena terlalu lama bersemedi, ukuran badannya pun menjadi kecil dan mati, tapi jiwanya abadi. untuk memperkuat keabadiannya, si Jenglot ini harus meminum darah manusia. dan biasanya ada segelintir orang yang memelihara doi untuk pesugihan atau mendapatkan kekayaan secara instan dengan imbalan tumbal sebagai gantinya.



Dan itulah 5 Hantu Asal Indonesia yang dirangkum versi AmieeChannel. gimana? udah ngerasa nganu? maksudnya 'takut' gitu. percaya atau nggak itu hak kalian, tapi selalu ingat... tuhan ciptakan dunia bukan cuma buat manusia aja. hanya karena tidak terlihat bukan berarti tidak ada.. takut silahkan asal ibadah harus tetap jalan. jangan pernah merasa sendirian, karena kalian gak akan tau kalo ada 'sesuatu' di samping kalian ikut baca ini. waspadalah.. waspadalah..

 gue juga akan selalu bilang kalo blog gue ini masih butuh kritik, saran, serta masukan dari kalian demi terus meningkatkan kualias blog ini karena gue buat blog untuk mengisi waktu luang jadi gak heran kalo gue jarang posting ya dimaklumi aja karena gue gak selamanya terus-terusan berada didunia virtual. gue juga masih butuh dukungan, jadi tolong dukung gue dengan cara komentar/share/visit blog sederhana ini. ingat, selalu ambil nilai positif dari blog ini dan buang segala hal yang negatif, sekian dari gue Amiee dan para Admin blog .. sampai jumpa dipostingan menarik lainnya.
5 Hantu Asal Indonesia 5 Hantu Asal Indonesia Reviewed by a on 02:37:00 Rating: 5

5 comments:

  1. Selain jenglot dan jelangkung kok yang lain ane baru tau ya? Jelangkung kayaknya deh yang paling serem.. ga berani ane main jelangkung

    ReplyDelete
  2. yang 3 teratas ane baru tau gan, maksih banyak

    ReplyDelete
  3. Kumpulan Arti Mimpi Tentang Koran Dalam Togel Terlengkap
    Tafsir Mimpi Jitu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.