Mengenal Sosok Adolf Hitler


Mengenal Sosok Adolf Hitler

Helo, kembali lagi dengan gue Amiee di blog sederhana yang akan selalu memberikan wawasan dan cerita menarik. juga gue mengucapkan terimakasih untuk memberikan gue waktu untuk menemani kalian di blog absurd ini. dan bicara tentang perang,  Siapa sih yang gak pernah denger nama 'Adolf Hitler' dari partai Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP) atau yang biasa di kenal dengan sebutan 'Nazi' ? iya, orang mendapatkan gelar 'Führer' dan kisah terkenalnya yang telah membunuh 6 juta kaum Zionist ini adalah salah satu orang yang berpengaruh pada masa perang dunia II. iya, kali ini gue akan bahas tentang sosok Veteran perang ini. mungkin beberapa dari kalian ada yang asing dengan orang ini karena bukan lahir pada zamannya. oke langsung aja deh, simak sejarahnya dibawah ini..


Adolf Hitler, veteran pada masa Perang Dunia I ini lahir di Braunau am Inn, Austria-Hongaria, pada tanggal 20 April 1889. Hitler merupakan anak keempat dari enam bersaudara dari pasangan Alois dan Klara Polzl. Gustav, Ida, dan Otto yang merupakan kakak dari Adolf Hitler meninggal saat masih bayi. keluarga Hitler memutuskan untuk pindah ke Passau, Jerman saat Adolf Hitler menginjak usia tiga tahun. pada tahun 1894, keluarga ini pun memutuskan untuk kembali pindah ke Leonding dan pada tahun 1895 ayah Hitler pun memutuskan untuk menetap di sebuah lahan kecil di daerah Lambach. Adolf Hitler bersekolah di Fischlham, Hitler pun mulai tertarik dengan perang dan mempelajari perang setelah menemukan buku bergambar tentang perang antara Perancis dan Jerman milik ayahnya. walaupun sosoknya yang terkenal keras ternyata Adolf Hitler memiliki jiwa seniman, pada saat usianya menginjak 8 tahun Hitler kecil mulai mengikuti Les menyanyi, menjadi penyanyi grup vokal di gereja, bahkan Ia pernah mempertimbangkan diri menjadi pendeta, Ia juga pandai dalam melukis. Adolf Hitler sudah terobsesi dengan paham Nazisme sejak kecil dan menunjukan kesetiaannya terhadap Jerman. dan membenci sistem pemerintahan Monarki Habsburg yang mulai semakin kacau yang dihuni berbagai etnis.

Banyak yang mengatakan bahwa Alois Hitler, ayah dari Adolf Hitler adalah seorang Yahudi. hal ini dikuatkan oleh riwayat Hans Frank yang menyebutkan keberadaan surat-surat yang mengklaim bahwa ibu dari Alois Hitler adalah seorang pembantu yang berkerja di kediaman keluarga Yahudi di Graz dan putra dari keluarga ini berusia 19 tahun,  Leopold Frankenberger yang merupakan ayah dari Alois Hitler. Namun, nama Frankenberger tidak tercatat di Graz dan catatan keluarga Leopold Frankenberger pun tidak pernah dibuat. para sejarawan pun meragukan kebenaran klaim ayah dari Hitler adalah seorang Yahudi. tahun 1989 ayahnya pun kembali ke Leonding dan dan tinggal permanen. adiknya, Edmund yang meninggal akibat cacar sangat mempengaruhi kehidupan Hitler pada masa itu. Ia menjadi bocah yang murung, Anti-sosial, dan sering menentang ayah dan gurunya.

pada tanggal 3 Januari 1903, Ayah Hitler meninggal dunia yang mengakibatkan prestasi Hitler memburuk. pada bulan september 1904, Ia bersekolah di Realschule di Steyr dan nilai sekolahnya pun membaik. Ibunya pun mengizinkan untuk berhenti sekolah pada tahun 1905, dan setelah lulus ujian akhir Hitler pun memutuskan untuk berhenti sekolah tanpa keinginan apapun untuk melanjutkan sekolahnya. sejak keluarnya Hitler dari sekolah Ia pun menjadi buruh, lalu menjadi seorang pelukis yang menjual lukisan cat air. karya Hitler dua kali di tolak oleh Akademi Seni Rupa di Wina hanya dikarenakan Ia "tidak cocok untuk melukis". ibunya pun meninggal tanggal 21 desember 1907, pada usia 47 tahun. dan pada tahun 1909 Hitler pun tinggal di penampungan tunawisma karena kehabisan uang. pada tahun berikutnya Hitler tinggal di rumah pekerja miskin di Meldemannstraße, saat Hitler tinggal di sana, Wina merupakan tempat penuh dengan prasangka Agama dan Rasisme. di distrik Mariahilf tempat Hitler tinggal sangat mendukung Antisemitisme pan-Jermanik Georg Schönerer. dan Asal usul dan kapan Hitler menunjukkan antisemitismenya memang sulit dilacak. namun, Hitler menyebutkan dalam Mein Kampf bahwa Ia berubah menjadi seorang antisemit saat di Wina. akan tetapi, sejarawan Richard J. Evans menyatakan bahwa Hitler menjadi seorang antisemit saat kekalahannya pada saat Perang Dunia ke-1, sebagai jawaban paranoid dari 'penghianatan' dari peristiwa Perang Dunia ke-1.

Saat Perang Dunia I pecah, Hitler adalah penduduk kota Munich dan dengan sukarela berdinas di Angkatan Darat Bayern sebagai warga negara Austria. pada tahun 1914 Ia mendapatkan penghargaan Iron Cross, Second Class. pada tanggal 4 Agustus 1918, Hitler menerima Iron Cross, First Class, setelah disarakan oleh Hugo Guttman. Pekerjaan Hitler di kantor pusat resimen adalah berinteraksi penuh dengan perwira senior, yang mungkin membantu dirinya mendapatkan penghargaan ini. dan meski aksinya ini dianggap berani, namun tetap tidak dapat disebut sangat terpuji. pada tahun 1918 Hitler juga menerima Black Wound Badge.

Selama berdinas, Hitler mengembangkan kemampuan seni nya dengan menggambar komik untuk surat kabar angkatan darat. pada pertempuran Somme, Hitler pun terluka di bagian paha dikarenakan granat yang meledak di parit pengirim berita dan menghabiskan waktu selama dua bulan untuk perawatan di rumah sakit dan kembali pada 5 Maret 1917. Pada 15 Oktober 1918, Hitler sempat buta sementara akibat serangan gas mustar dan harus dirawat di rumah sakit Pasewalk.

Hitler menjadi jengkel karena upaya perang Jerman gagal dan karena itu pula perkembangan ideologi Nazisme nya perlahan mulai terbentuk. Hitler mengatakan bahwa Perang Dunia I adalah "pengalaman terhebat hidup" yang membuatnya dipuji oleh para kommandannya atas keberaniannya. pengalamannya ini juga yang membuatnya menjadi semakin menunjukan kesetiaannya terhadap jerman. dan Ia pun dikejutkan oleh penyerahan Jerman pada November 1918. Perjanjian Versailles menekankan bahwa Jerman harus mengembalikan sejumlah wilayah yang diduduki, Perjanjian ini memberlakukan sanksi ekonomi dan reparasi berat terhadap Jerman. pada tanggal 12 September 1919, Hitler menerima tawaran untuk bergabung ke Deutsche Arbeiterpartei dan menjadi anggota partai ke-55. Demi meningkatkan daya tariknya, DAP mengubah namanya menjadi Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei. Hitler pun mulai merancang bendera yang berlambang Swastika dalam lingkaran putih dan berlatar belakang merah untuk partai ini.

Hitler pun memutuskan untuk keluar dari AD pada Maret 1920 dan mulai bekerja purnawaktu untuk NSDAP. Pada Februari 1921, Ia berpidato di hadapan 6.000 orang di Munich. Hitler pun mulai populer karena pidatonya yang kasar terhadap Perjanjian Versailles, Pesaing politik, kaum marxis dan Yahudi. pada tahun 1923, Hitler melakukan aksi kudeta di Munich. namun, pada akhirnya kudeta itu pun gagal dan berakhir dengan ditangkapnya Hitler. setelah bebas pada tahun 1924, Adolf Hitler mendapatkan banyak dukungan dari rakyat yang kontra dengan Treaty of Versailles (Perjanjian Damai Versailles) dan mengecam perjanjian tersebut. Hitler dan para pendukungnya menjunjung Pan-Jermanisme, Antisemitisme, serta Anti-Komunisme melalui pidato propaganda Nazi nya. pada tahun 1933 Hitler pun diangkat menjadi Kanselir, Hitler pun sempat merubah Republik Weimar menjadi Deutsches Reich. Hitler pun memimpin Jerman sebagai Diktator dan menyebarkan ideologi Nasional-sosial (Nazi). kepemimpinan Hitler membuat Jerman tumbuh dari negara yang kalah pada masa Perang Dunia ke-1 menjadi salah satu negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. pada masa ini, politik RASIS pun mulai diberlakukan yang meninggikan bangsa Arya dan merendahkan ras lain. terutama bangsa Yahudi yang didiskriminasikan dan dibunuh di kamp konsentrasi. selain bangsa Yahudi, Nazi pun mendiskriminasikan dan membunuh bangsa Gipsi, serta bangsa Slavia.

Sebagai kanselir, Hitler berupaya melawan balik tindakan-tindakan para pesaing NSDAP untuk membuat pemerintahan mayoritas. Hitler juga meminta presiden Hindenburg untuk membubarkan Reichstag lagi dan menjadwalkan pemilu pada awal Maret. Dalam pertemuan dengan para pemimpin militer Jerman tanggal 3 Februari 1933, Hitler membicarakan penaklukan untuk memperoleh Lebensraum di Timur dan Jermanisasi-nya yang kejam sebagai tujuan utama kebijakan luar negerinya. Pada bulan Agustus 1934, Hitler menunjuk presiden Reichsbank Hjalmar Schacht sebagai Menteri Ekonomi, dan pada tahun berikutnya, sebagai Menteri Ekonomi Perang Hjalmar Schacht Berkuasa Penuh yang bertugas mempersiapkan ekonomi negara untuk perang. dan pada bulan Maret 1935, Hitler mengumumkan perluasan Wehrmacht menjadi 600.000 anggota. pada tanggal 18 Juni 1935, dalam Perjanjian Laut Inggris-Jerman (AGNA) Hitler mengizinkan peningkatan tonase Jerman menjadi 35%-nya AL Britania Raya. Hitler menyebutkan penandatanganan AGNA sebagai hari paling membahagiakan dalam hidupnya, dan percaya bahwa perjanjian tersebut menandakan awal dari aliansi Inggris-Jerman yang ia prediksikan di Mein Kampf. 


Pada Agustus 1936, menanggapi krisis ekonomi yang semakin besar akibat upaya persenjataan kembali, Hitler meminta Göring memberlakukan Rencana Empat Tahun demi menyiapkan militer  Jerman untuk perangnya dalam kurun empat tahun selanjutnya. Rencana ini merupakan perjuangan habis-habisan antara "Judeo-Bolshevisme" dan sosialisme-nasional Jerman, yang dalam pandangan Hitler membutuhkan upaya persenjataan kembali tanpa memikirkan risiko yang ditanggung terhadap ekonomi. Hitler juga mengoperasikan salah satu kampanye perbaikan infrastruktur terbesar sepanjang sejarah Jerman, termasuk pembangunan bendungan, jalan bebas hambatan, rel kereta, dan pekerjaan umum lainnya. Pemerintah Hitler juga mensponsori arsitektur dalam skala besar. Albert Speer, sosok yang terkenal karena mengimplementasikan reinterpretasi klasik Hitler terhadap budaya Jerman, ditugaskan membuat rencana renovasi arsitektur Berlin. Tahun 1936, Hitler membuka Olimpiade Musim Panas di Berlin. dan pada tanggal 25 November 1937, Galeazzo Ciano mengumumkan aliansi jerman dengan italia yang saat itu di pimpin oleh Benito Mussolini . Hitler pun membatalkan aliansi nya dengan Inggris dan menyalahkan pemerintah Britania yang "tidak pas". pada tahun 1938, Hitler memutuskan aliansi Cina-Jerman dengan Republik Tiongkok dan membentuk aliansi dengan Jepang yang lebih modern dan kuat.

Dalam diskusi pribadi tahun 1939, Hitler menyatakan bahwa Britania adalah musuh utama yang harus dikalahkan dan Polandia harus dimusnahkan demi persyaratan yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Hitler awalnya memilih ide negara satelit, tapi karena idenya ditolak oleh pemerintah Polandia, Hitler memutuskan untuk menginvasi Polandia dan menjadikannya tujuan utama kebijakan luar negerinya tahun 1939. rencana ini memerlukan bantuan rahasia dari Soviet dan Pakta Molotov-Ribbentrop  antara Jerman dan Uni Soviet, yang saat itu dipimpin Joseph Stalin, termasuk perjanjian rahasia pemisahan Polandia untuk kedua negara tersebut. menanggapi pakta yang baru terbentuk ini, pihak Britania dan Polandia pun membuat aliansi Inggris-Polandia pada tanggal 25 Agustus 1939. Jerman pun menyerbu Polandia barat Pada tanggal 1 September 1939, dengan alasan klaimnya terhadap Kota Bebas Danzig dan haknya atas jalan ekstrateritorial untuk melintasi Koridor Polandia ditolak, yang telah diserahkan Jerman sesuai Perjanjian Versailles. respon tindakan ini, membuat Britania Raya dan Perancis menyatakan perang kepada Jerman pada tanggal 3 September.


dan pada April 1940, Hitler pun mulai memusatkan militernya di perbatasan barat Jerman, pasukan Jerman menyerbu Denmark dan Norwegia.Bulan Mei 1940, Jerman juga menyerang Perancis, dan menduduki Luxembourg, Belanda, dan Belgia. Kemenangan tersebut memaksa Benito Mussolini membawa Italia bergabung dengan Hitler pada 10 Juni. hingga pada akhirnya Perancis pun menyerah tanggal 22 Juni. Hitler sempat menawarkan perdamaian kepada Winston Churchill pemimpin Britania Raya yang baru, dan setelah tawarannya ditolak Hitler pun memerintahkan serangan pengeboman ke Britania Raya. Pada tanggal 27 September 1940, Pakta Tiga Pihak yang ditandatangani di Berlin oleh Saburō Kurusu dari Jepang, Hitler, dan menteri luar negeri Italia Galeazzo Ciano, kemudian meluas hingga Hongaria, Rumania, dan Bulgaria, sehingga memperkuat kekuatan Poros. Upaya Hitler dalam mengintegrasikan Uni Soviet dengan blok anti-Britania gagal pasca pertemuan pada bulan November yang buntu antara Hitler dan Molotov di Berlin, kemudian ia meminta semua pihak bersiap untuk invasi besar-besaran ke Uni Soviet.
Tanggal 22 Juni 1941, melawan pakta non-agresi Hitler–Stalin tahun 1939. dan 5,5 juta tentara Poros menyerbu Uni Soviet. tujuan serangan besar ini adalah penghancuran total Uni-Soviet dan menginvasi semua sumber daya alam untuk upaya agresi di masa depan terhadap negara-negara barat. dalam upayanya ini, Hitler berhasil menginvasi wilayah yang sangat luas termasuk beberapa republik Baltik, Belarus, dan Ukraina Barat. setelah keberhasilan Pertempuran Smolensk, Hitler memerintahkan Grup Angkatan Darat Tengah untuk menghentikan lajunya ke Moskwa dan sementara mengalihkan grup Panzernya ke utara dan selatan untuk membantu pengepungan Leningrad dan Kiev. para jendral tidak setuju dengan perubahan target yang Hitler buat karena keputusannya akan menciptakan krisis besar di kalangan petinggi militer.
tanggal 7 Desember 1941, Hitler secara resmi menyatakan perang ke Amerika Serikat. hingga pada akhir 1942, pasukan Jerman pun kalah dalam pertempuran El Alamein kedua, menggagalkan rencana Hitler untuk merebut Terusan Suez dan Timur Tengah. Setelah itu, terjadi kekalahan mutlak pada Pertempuran Kursk. Pendapat militer Hitler mulai tidak jelas, dan posisi pasukan militer dan ekonomi Jerman pun ikut jatuh seiring memburuknya kondisi kesehatan Hitler. Kershaw dan sejarawan lain percaya Hitler mengalami penyakit Parkinson. Akibat serangkaian kemunduran besar yang telah dialami Angkatan Darat Jerman ini, banyak petinggi militer yang berkesimpulan bahwa kekalahan tak dapat dielakkan dan itu terjadi akibat kesalahan perhitungan atau penolakan Hitler akan membawa perang ke dalam negeri dan menyebabkan Jerman hancur total. antara tahun 1939 dan 1945, ada banyak rencana pembunuhan untuk Hitler, beberapa di antaranya berlanjut sampai tingkatan tertentu. dan upaya paling terkenal justru berasal dari Jerman sendiri dan didorong oleh kemungkinan bahwa Jerman akan kalah perang. markas Hitler, Wolf's Lair di Rastenburg di sabotase oleh  Claus von Stauffenberg yang meletakan sebuah koper berisi bom. Adolf Hitler pun hampir terbunuh akibat insiden ini karena seseorang tidak sengaja mendorong koper bom ke belakang kaki meja konferensi. meja memantulkan ledakan bom itu menjauhi Hitler. setelah insiden itu, Hitler pun memerintahkan balas dendam dengan mengeksekusi lebih dari 4.900 jiwa.

Pada akhir 1944, Angkatan Darat Merah dan Sekutu Barat sedang masuk untuk menyerbu Jerman. Mengetahui kekuatan dan kegigihan Angkatan Darat Merah, Hitler memutuskan untuk memakai sisa tentara cadangannya melawan tentara Amerika Serikat dan Britania yang ia anggap lebih lemah. Pada 16 Desember, Ia melancarkan serangan di Ardennes untuk memecah belah Sekutu Barat dan mungkin meyakinkan mereka ikut berperang melawan Uni-Soviet. Setelah serangan tersebut gagal, Hitler mulai sadar bahwa Jerman akan kalah perang. Harapan terakhirnya untuk menegosiasikan damai dengan Amerika Serikat dan Britania dibantu oleh kematian Franklin D. Roosevelt pada tanggal 12 April 1945. namun, berbeda dengan harapannya, Sekutu malah tetap tidak gentar. Ia bertindak dengan pandangannya bahwa kegagalan yang dialami militer Jerman turut menghilangkan haknya untuk berdiri sebagai suatu bangsa, Hitler pun memerintahkan penghancuran semua infrastruktur industri yang ada di Jerman sebelum jatuh ke tangan Sekutu. Pada saat ulang tahun Hitler yang ke-56 yang jatuh pada 20 April, Hitler melakukan perjalanan terakhir dari Führer bunker ke permukaan. di kebun Reichskanzlei yang hancur, Ia menyematkan gelar Iron Cross kepada sejumlah tentara Pemuda Hitler.
Pada tanggal 22 April, Hitler mempertanyakan serangan Steiner saat konferensi militer. Ia diberitahu bahwa serangan tersebut tidak pernah dilancarkan dan pasukan Rusia sudah memasuki Berlin. Jawaban tersebut memaksa Hitler untuk meminta semua orang selain Wilhelm Keitel, Alfred Jodl, Hans Krebs, dan Wilhelm Burgdorf keluar ruangan. Hitler kemudian marah besar-besaran atas pengkhianatan dan ketidakmampuan para komandannya yang diakhiri dengan pernyataannya bahwa Jerman telah kalah perang. Hitler mengumumkan bahwa ia akan tetap berada di Berlin sampai perang berakhir, lalu bunuh diri. 
Pada 23 April, Tentara Merah mengepung seluruh Berlin. Tanggal 28 April, Hitler telah mengetahui bahwa Himmler, yang meninggalkan Berlin tanggal 20 April, yang sedang mencoba membahas penyerahan dirinya dengan Sekutu Barat. Hitler memerintahkan Himmler ditahan dan Hermann Fegelein untuk dieksekusi. Setelah tengah malam 29 April, Hitler menikahi Eva Braun di sebuah upacara pernikahan kecil di ruang peta di Führerbunker. Setelah sarapan sederhana bersama istri barunya itu, Ia juga membawa sekretaris Traudl Junge ke ruangan lain dan mendiktekan wasiat dan kata-kata terakhir.
Tanggal 30 April 1945, setelah pertempuran jalanan yang sangat sengit, ketika Tentara Merah berada satu atau dua blok dari Reichskanzlei, Hitler dan Braun bunuh diri. Braun menggigit kapsul sianida dan Hitler menembak dirinya. Jasad mereka pun dibawa naik melalui pintu keluar darurat bunker ke kebun belakang Reichskanzlei yang sudah hancur, kemudian ditempatkan di sebuah kawah bom dan dilumuri bensin. Kedua jasad kemudian dikremasi diiringi suasana pengeboman oleh Tentara Merah.


dan itu lah akhir dari perjalanan Hitler di medan perang.  dan for your info nih guys Nama ‘Adolph’ berarti ‘serigala yang mulia’. Hitler menggunakan nama samaran 'Herr Wolf' pada awal karirnya agar tidak dikenali oleh lawan politiknya. Dia memberi nama markasnya ‘Wolf's Lair’ atau ‘Sarang Serigala’ dan memberi nama ‘Wolf’ pada anjing favoritnya. dan 'Serigala' ini juga adalah seorang Vegetarian. dan ini sekaligus mengakhiri postingan gue pada kali ini. gue mencoba mencari info terakurat dari berbagai sumber dan ini lah yang gue dapat. sudah sepatutnya sifat patriotisme yang ada pada sang Führer menjadi contoh yang baik untuk kita selaku warga negara Indonesia. bicara tentang sejarah, gue pun inget sama kutipan bung Karno yang mengatakan "Djangan Sekali-kali Meloepakan Sedjarah" atau terkenal dengan sebutan 'Djas Merah'. dan gue juga akan selalu bilang kalo blog gue ini masih butuh kritik, saran, serta masukan dari kalian demi terus menaikan kualias blog ini karena gue buat blog untuk mengisi waktu luang jadi gak heran kalo gue jarang posting ya dimaklumi aja karena gue gak selamanya terus-terusan berada didunia virtual. gue juga masih butuh dukungan, jadi tolong dukung gue dengan cara komentar/share/visit blog sederhana ini. ingat, selalu ambil nilai positif dari blog ini dan buang segala hal yang negatif, sekian dari gue Amiee dan segenap para Admin blog .. sampai jumpa dipostingan menarik lainnya.
Mengenal Sosok Adolf Hitler Mengenal Sosok Adolf Hitler Reviewed by a on 11:31:00 Rating: 5

3 comments:

  1. artikel menarik dan menambah pengetahuan umum. btw ane bookmark buat bahan tugas sejarah hehe makasih gan

    ReplyDelete

Powered by Blogger.